haji kediri

Daftar Tunggu Ibadah Haji Kabupaten Kediri Mencapai 25 Tahun

Berita mengejutkan bagi calon jamaah haji dari Kediri Jawa Timur. Kompas menerbitkan hasil wawancara dengan Kantor Kemenag Kabupaten Kediri pada Jumat 28 Juli 2017. Bahwa Masa Tunggu Keberangkatan Jamaah Haji Mencapai 25 Tahun.

Warga Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang hendak menunaikan ibadah haji tidak bisa lantas berangkat karena harus masuk daftar tunggu. Karena banyaknya peminat, daftar tunggu untuk keberangkatan haji mencapai 25 tahun.
“Kalau daftarnya sekarang, berangkatnya tahun 2043 nanti,” ujar Hamzah, Kepala Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, Jumat (28/7/2017).

Hamzah menambahkan, memang ada kebijakan untuk mempercepat pemberangkatan jemaah. Namun kebijakan itu hanya berlaku bagi calon jemaah yang berusia di atas 75 tahun atau lanjut usia beserta pendampingnya.
Terhadap lansia itu juga tidak serta merta mendaftar langsung bisa berangkat. Ada persyaratan lainnya yang melekat pada kebijakan itu.

“Yaitu lansia yang sudah masuk daftar tunggu minimal selama 3,5 tahun,” ucap Hamzah.

Dia menyebutkan, saat ini Kemenag sudah melakukan sistem online yaitu sistem komputerisasi haji terpadu yang memuat data jemaah haji Indonesia yang berada di tingkat pusat.

Dengan sistem tersebut para calon jamaah haji yang biasanya menyiasati berganti daerah keberangkatan untuk bisa berhaji ulang, akan mudah terdeteksi dan susah mendaftar.

“Jadi prioritasnya tetap ada pada calon haji yang belum pernah berhaji dan lansia,” tegasnya.

Apabila tetap ngotot berangkat, kata Hamzah, calon jemaah yang sudah pernah berhaji itu harus mendaftar 10 tahun dari keberangkatan hajinya terdahulu dan tetap masuk daftar tunggu sesuai nomor antrean pendaftaran.
“Sehingga 10 tahun ditambah masa daftar tunggu.” ucapnya.

Selama ini setiap tahunnya jumlah calon haji asal Kabupaten Kediri berada di kisaran 1.000 orang. Tahun ini misalnya, terdapat 1.244 calon haji. Tidak ada jumlah yang pasti karena kuotanya berdasarkan jatah yang didapat dari kantor wilayah.

Meski ada prioritas bagi lansia. Masalahnya umur bukan berada di tangan Manusia. Tetapi keputusan Allah.

Sebaiknya jamaah yang ingin segera berangkat ke Baitullah bisa melaksanakan umroh dahulu maupun mendaftarkan diri haji plus/khusus. Haji Khusus/Plus hanya memiliki masa tunggu 5-6 tahun. Sehingga lebih cepat.

sumber : kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: